MAGISTER MANAJEMEN

Sejarah

Magister Manajemen adalah program pascasarjana pertama didirikan di Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.  Mengingat pendiriannya tahun 1993, pada tahun 2018, Magister Manajemen telah memasuki usia ke-25. Sebuah usia yang panjang dan menju kedewasaan.

Program Studi Magister Manajemen (PSMM) telah melalui berbagai dinamika selama keberadaannya. Pada tahun 2009, PSMM pernah menjadi satu di antara sepuluh Program Magister Manajemen Terbaik di Indonesia versi Majalah bisnis SWA. Selengkapnya, mulau dari yang tertinggi adalah SBM ITB (skor total 8,31), UI (8,13), Prasetya Mulya (8,10), UKSW (8,07), UGM (8,03), PPM (7,97), UAJ Jakarta (7,64), Unpad (7,52), Undip (7,50), dan IBII (7,45).

Program Studi Magister Manajemen  (PSMM) adalah program pendidikan tinggi jenjang S-2 yang ditujukan untuk para manajer muda dan calon manajer yang ingin unggul di karier saat ini dan menyiapkan diri untuk tantangan masa depan.  Dengan kuliah di PSMM, para peserta berkempatan untuk mengembangkan diri menunju sukses karier sebagai manajer yang berkewirausahaan (enterpreneurial manager). Kesuksesan dapat dicapai melalui peningkatan kapasitas belajar menghadapi lingkungan bisnis masa depan yang kompleks dan dinamis.

Manajer berkewirausahaan adalah mereka yang mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan kesempatan serta menawarkan solusi atas permasalahan bisnis, yang dijiwai oleh nilai-nilai dedikasi (dedication), integritas (integrity), inisiatif (initiatives), dan keterandalan (reliability), yang disingkat sebagai dignity.

Dignity bukan sekedar singkatakan. Dignity adalah nilai-nilai utama (central values), sekaligus harga diri dan prestis yang menjiwai alumni dan keluarga besar PSMM IBI KKG.

Pada awal akreditasi pemerintah diperkenalkan, PSMM IBI KKG memperoleh peringkat akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor 013/BAN-PT/AK-IV/S2XII/2005 (Berlaku 27 Desember 2005 s/d 2010). PSMM-IBII KKG juga memperoleh sertifikat internasional: Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 dari Sucofindo International Service pada tanggal 12 Juni 2005.

PSMM IBI KKG memiliki tiga konsentrasi, yaitu  Manajamen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Manajemen Strategik. Kurikulum selalu up-to-date, dikaji ulang secara berkala dengan melibatkan berbagai sumber yang relevan agar selaras dengan perkembangan iptek dan tuntutan dunia bisnis. Beban studi untuk masing-masing konsentrasi adalah 42 SKS yang terbagi ke dalam 4 semester dengan penyelesaian efektif selama 18 bulan. Perkuliahan dilaksanakan pada malam hari, pukul 18.30 – 21.30, antara hari Senin hingga Jumat.

Staf Pengajar

Jajaran dosen akademisi dan dosen praktisi Bisnis yang memiliki kompetensi, pengalaman, komitmen dan reputasi tinggi di bidang masing-masing. Dosen akademisi bergelar Doktor merupakan dosen tetap, sehingga mudah ditemui di luar kelas. Dosen praktisi yang bergelar Doktor dan Master merupakan para eksekutif dan konsultan yang masih aktif di dunia Bisnis.

Kurikulum

Kurikulum mengikuti perkembangan tuntutan “hard and soft managerial skills” serta “berkewirausahaan” dari dunia bisnis, untuk tingkat manajer profesional maupun sebagai usahawan. Suasana akademik yang kondusif (profesional-kolegial) melalui proses pembelajaran dan pembimbingan yang konsisten dan bersahabat.

Untuk memenuhi persyaratan publikasi karya ilmiah seluruh civitas academica PSMM IBI KKG, terdapat Jurnal Ekkonomi Perusahaan (JEP) ber-ISSN yang dapat menampung karya akhir mahasiswa sesuai ketentuan pemerintah.

Akreditasi

PSMM IBI KKG memiliki sejarah panjang sebagai program magister manajemen dengan akreditasi peringkat A. Pada awal  akreditasi nasional diperkenalkan, PSMM IBI KKG memperoleh peringkat “A” (BAN-PT RI) tahun 2000 untuk jangka waktu 2005-2010.  PSMM IBI KKG memperoleh peringkat akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor 013/BAN-PT/AK-IV/S2XII/2005 (Berlaku 27 Desember 2005 s/d 2010).  Tahun 2010-2016 PSMM IBII KKG memperoleh akreditasi B.  Untuk masa 2016-2021, PSMM IBI KKG kembali memperoleh akreditasi peringkat A dari BAN-PT RI.

Selain akreditasi pemerintah, PSMM IBI KKG juga emperoleh sertifikasi internasional dalam Sistem Manajemen Mutu “ISO 9001:2000” (Sucofindo International) sejak tahun 2001.

MANAJEMEN PEMASARAN

Sensing market opportunities and formulate solutions to marketing problems are capabilities that distinguished participants of this program from relevant others.  We design this program to optimally stimulates creativity, inventiveness and ingenious ideas and innovation with accurate calculation started from idea generation,  implementation and to control and evaluation of program in satisfied timeline. Realizing that consumers made decision based on perception, image management is stressed up in this program with science and art-based approach.

 

MANAJEMEN KEUANGAN

This program aims to enhance the ability to intelligently manage finances, both for organizations and individuals.  Participants are faced with the opportunity to becoming an expert in investing, portfolio management and risk management.    The program  enables participants to examine industry standards in the fields of both individual and corporate investments  and helping them to understand the diverse and dynamic landscape of financial management. Ethical concerns of the current financial marketplace and the implications of the global economy on corporation are also accounted.

MANAJEMEN STRATEGIK

In this program participants are forged to widening the edge  of their dedication, integrity, initiatives and  and reliability in business. Recent business best practices and most up-dated strategic and managerial concepts are integrated, handled collaboratively by high qualified  lecturers with intensive academic and business experience backgrounds.  The ability to act dependently and creatively  in formulating and implementing business solutions are emphasized by through calculation of proper timing of the decision.