Dr. Bilson Simamora

Lahir di sebuah kampung bernama Pangambatan II desa Sosorgonting, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Pindah ke Bogor tahun 1985 untuk menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor. Tahun 1991 masuk program Magister Manajemen Universitas Prasetiya Mulya dengan peminatan Pemasaran.  Sempat menggeluguti dunia praktek bisnis saat menjadi manajer pemasaran di PT. Pusat Informatika tahun 1994-1996. Namun, ternyata passion-nya adalah dunia pendidikan, yang ia temukan setelah bergabung dengan Kwik Kian Gie School of Business.  Sejak itu, ia rajin menulis buku yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama, yaitu:

  • Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Efisien (2001).
  • Remarketing for business recovery (2002).
  • Panduan Riset Perilaku Konsumen (2002).
  • Membongkar Kotak Hitam Konsumen (2003).
  • Aura Merek (2003).
  • Riset Pemasaran (2004).
  • Analisis Multivariate Pemasaran (2005).

Tahun 2005 ia mengambil kuliah doktor di Fakultas Ekonomi Universitas Pemasaran dengan konsentrasi Pemasaran. Tahun 2008 dipercaya untuk menyusun materi kuliah sekaligus membuat modul Pemasaran Strategik untuk program sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka. Tahun 2013 kembali dipercaya lembaga pendidikan tersebut untuk membuat materi kuliah yang sama untuk program pasca sarjana.

Selain buku, ia juga menerbitkan artikel pada berbagai jurnal, yaitu:

  • Pemasaran dengan Hati (Jurnal Ekonomi Perusahaan, 2003)