ABOUT US

DJOENAEDI JOESOEF

Founder dan CEO Konimex Group

Sejarah

Dengan semangat untuk membangun Indonesia melalui pendidikan,  Kwik Kian Gie  dan Djoenaedi Joesoef, sepakat untuk mendirikan lembaga pendidikan bertaraf internasional. Kwik Kian Gie adalah seorang ahli  ekonomi yang berkecimpung dalam dunia politik. Menduduki posisi Menko Ekuin dan Kepala Bapenas pada pemerintahan Presedien Abdurrahman Wahid.  Djoenaedi Joesoef adalah pendiri (founder) PT Konimex yang berpusat di Solo.  Beliau adalah penerima anugerah Entrepreneur of The Year 2003 dari lembaga Ernst & Young,  sebuah penghargaan yang mengakui kiprahnya sebagai pengusaha tingkat dunia. Pada tahun 2004 Djoenaedi Joesoef mewakili Indonesia dalam Ernst & Young World Entrepreneur of the Year 2004 di Monaco.

Kedua tokoh berprestasi ini mendirikan Institut Bisnis Indonesia (IBiI) dan yayasan Institut Bisnis Indonesia sebagai pengelolanya. Pada awalnya IBiI berkiblat pada pendidikan luar negeri. Gelar yang diberikan juga Bachelor of Business Administration (BBA) yang populer di Amerika dan Eropa dan negara-negara lain yang berkiblat pada kedua benua itu.

Pada tahun 1993, untuk mengikuti ketentuan pemerintah, Institut Bisnis Indonesia berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.  STIE IBiI mengelola dua program studi, yaitu Program Studi Manajemen dengan konsentrasi pemasaran, keuangan dan kewirausahaan, serta Program Studi Akuntansi, dengan konsentrasi Akuntansim Manajemen, Pemeriksaan Akuntansi (Auditing), dan Akuntansi Perpajakan.  Mulai tahun ini pula STIE IBiI mendirikan program pascasarjana, yaitu Magister Manajemen dengan dua konsentrasi, yaitu Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan.

Pada tahun 1993 status Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). STIE IBII menyelenggarakan pendidikan jenjang S1 (program sarjana) yaitu Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi. Pada Program Studi Manajemen terdapat konsentrasi: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Kewirausahaan. Pada Program Studi Akuntansi terdapat konsentrasi: Akuntansi Manajeman, Pemeriksaan Akuntansi (Auditing), dan Akuntansi Perpajakan. Mulai tahun ini pula STIE IBII menyelengarakan pendidikan jenjang S2 (program magister) dengan membuka Program Studi Magister Manajemen konsentrasi Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran.

Mulai tahun 2004 STIE IBII melengkapi pelayanannya dengan membuka pendidikan S3 (program doktor) ilmu manajemen dengan konsentrasi: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategik dan Akuntansi Manajemen.

Mulai tahun 2005 STIE IBII membuka Program Studi Magister Akuntansi dengan konsentrasi: Jasa Keuangan Internal, dan Jasa Keuangan Eksternal.

Sejalan dengan tuntutan perkembangan jaman, pada bulan Maret 2005 STIE IBII berubah menjadi Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII) dan menambah empat program studi baru jenjang S1 yaitu: Sistem Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Administrasi.

Pada bulan Oktober 2012 IBII berubah nama menjadi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie atau biasa disebut Kwik Kian Gie School of Business.

Keseriusan dalam mengelola pendidikan yang bermutu telah membuahkan hasil. Hal ini dapat dilihat pada program pendidikan S2, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie berhasil meraih status akreditasi Unggul untuk program Studi Magister Manajemen. Selain itu, keseriusan dalam menerapkan sistem manajemen mutu telah dibuktikan dengan berhasilnya Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie meraih sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 yang berstandar internasional.

Pada tahun 2016  Magister Manajemen oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),Magister Manajemen dianugrahi  akreditasi A dan Magister Akuntansi mendapat Akreditasi B.  Penghargaan ini bukanlah akhir akan tetapi awal yang baru untuk kedua program studi berbuat dan berprestasi lebih baik lagi di masa depan.

KWIK KIAN GIE

Ekonom, Menko Ekuin (1999-2000) dan Kepala Bapenas (2001-2004)

WE ARE HOME OF DIGNITY

Dedication. Integrity. Initiatives. Reliability

KEUNGGULAN

Staf Pengajar

Jajaran dosen akademisi dan dosen praktisi Bisnis yang memiliki kompetensi, pengalaman, komitmen dan reputasi tinggi di bidang masing-masing. Dosen akademisi bergelar doktor dan profesor merupakan dosen full time, mudah dan kolaboratif dalam memenuhi kebutuhan akademik mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga dilayani dosen praktisi yang bergelar doktor dan magister merupakan para eksekutif dan konsultan yang masih aktif di dunia bisnis.

Kurikulum

Kurikulum mengikuti perkembangan tuntutan “hard and soft managerial skills” serta “berkewirausahaan” dari dunia bisnis, untuk tingkat manajer profesional maupun sebagai usahawan. Suasana akademik yang kondusif (profesional-kolegial) melalui proses pembelajaran dan pembimbingan yang konsisten dan bersahabat.

Untuk memenuhi persyaratan publikasi karya ilmiah seluruh civitas academica program magister IBI KKG, terdapat Jurnal Ekkonomi Perusahaan (JEP) ber-ISSN yang dapat menampung karya akhir mahasiswa sesuai ketentuan pemerintah.

Layanan Pembelajaran yang Berpusat pada Mahasiswa

Kami menyediakan layanan dimaksudkan untuk mengefektifkan proses perkuliahan dan penyelesaian tesis demi kesuksesan mahasiswa. Pengefektifan proses perkuliahan dilakukan dengan menyediakan layanan pembelajaran berbasis internet (yang kami sebut i-BILS) untuk melengkapi maupun mengganti (substitusi) pembelajaran di dalam kelas.  Penyelesaian tesis dipercepat dengan menyediakan pusat layanan tesis dan artikel unggulan, yang kami namakan Plateau.

The function of education is to teach one to think intensively and to think critically. Intelligence plus character - that is the goal of true education

Martin Luther King, Jr.

i-BILS

We provide internet-based integrative leaning system (i-BILS) to help the student to improve their general or specific knowledge and skills.  In this system students can get the materials they require from available link specially designed for this purpose. We also integrate the materials with data and tutorial video and key answers of each learning tasks.  We especially design this system for the materials in which students should enrich their-selves with intensive exercises to be mastered in. For example, click following links.

The Essence of Strategy

Corporate Strategy

Multiple Regression

Segmentation and Targeting

Positioning

Branding Strategy

Product Strategy

Price Strategy

Value Delivery Strategy

Integrated Marketing Communication Strategy

Pusat Layanan Tesis

Setiap mahasiswa diwajibkan untuk membuat tesis sebagai karya akhir untuk memperoleh gelar Magister Manajemen (M.M.) dan Magister Akuntansi (M.Ak.). Dalam penulisan tesis disediakan pembimbing bagi mahasiswa dan ini merupakan layanan standar di semua perguruan tinggi. Untuk melengkapi layanan ini, kami sediakan Pusat Layanan Tesis  (PLATE), sebuah paket ini yang terdiri dari lima jenis layanan (lihat gambar).

Pertama, layanan jurnal, yaitu penyediakan jurnal ilmiah klasik dan terkini yang dapat dipakai sebagai rujukan dalam penulisan tesis. Kedua, database tesis internal, nasional maupun internasional yang dapat diakses secara online. Ketiga, pusat analisis data, yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mengolah data mereka menggunakan SPSS dan Lisrel sesuai keperluan.  Keempat, modul statistik multivariat, yang dapat digunakan mahasiswa untuk mempelajari teknik analisis data. Kelima, layanan publikasi tesis. Untuk publikasi tesis berbahasa Indonesia disediakan Jurnal Ekonomi Perusahaan (JEP) sebagai media penerbitan tesis yang memenuhi syarat. Untuk penerbitan tesis dalam jurnal internasional, disediakan layanan pemeriksaan bahasa Inggris yang digunakan.